Panduan Gampang Liburan ke Hanoi untuk Pemula (2023)

Hanoi bikin aku betah banget deh pas tinggal di Vietnam. Udah dua tahun yang lalu aku ke sana, tapi baru-baru ini aku tinggal sebulan dan jadi tau kenapa aku suka sama kota ini. Dari semua kota yang aku kunjungi, Hoi An terlihat paling charming sih. Tapi Hanoi yang paling asik buat tinggal. Walaupun Saigon punya makanan enak banget, tapi Hanoi lebih nyaman. Ini kota besar sih, tapi gak sebesar Saigon jadi gak bikin jenuh. Hanoi punya populasi yang sama sih kayak Ho Chi Minh, tapi lebih intimate dan ramah.

Panduan Gampang Liburan ke Hanoi untuk Pemula (2023)

Rencana kita adalah tinggal di Vietnam minimal selama satu tahun, dan Hanoi mungkin bakal jadi titik awal kita. Dari semua kota yang udah kita kunjungi, ini jadi salah satu yang paling kita suka sama yang bisa bikin kita betah tinggal.

Nyariin diri sendiri beberapa hari buat jelajahin daerah-daerah di Hanoi yang rindang sama bangunan kolonial Perancis yang cakep tapi agak rusak, trus kamu bakal ngerti kenapa Hanoi bikin betah.

Ayo Kunjungi Hanoi, Bang!

Catatan List petualangan ke Hanoi ini udah keren banget dan lengkap banget. Biar kamu nggak bingung, aku udah ngumpulin rekomendasi ke hotel, tur, dan layanan lainnya di sini.

Hotel

  • Hotel keren banget di Hoan Kiem, salah satu area paling keren buat kamu yang pertama kali ke Hanoi.
  • Luxury: Sofitel Legend Metropole Hanoi
  • Midrange: Royal Holiday Hanoi Hotel
  • Budget: Rising Dragon Estate Hotel

Tur

  • Tur Wisata: Tur Grup Kecil Setengah Hari
  • Tur Makanan Jalanan: Tur Terpandu Makanan Jalanan
  • Tur Motor: Tur Kota dan Kuil Sastra Motor
  • Perjalanan Harian: Perjalanan Penuh Hari ke Gua Tam Coc, Hoa Lu & Mua

Layanan Lain

  • eVisa Vietnam
  • Asuransi Perjalanan (dengan COVID cover)
  • Transfer Bandara
  • Perencanaan Data eSIM

DAFTAR ISI Liburan Ke Hanoi Nyaman

Batasan Perjalanan ke Hanoi

Karena situasi global sekarang ini, panduan jalan-jalannya berubah terus. Temen-temen kita di booking.com dan airheart udah buat website yang berisi info detail tentang batasan jalan-jalan ke seluruh dunia.

baiknya Sebelum merencanakan jalan-jalan ke hanoi, pastikan buat cek booking.com atau airheart untuk info tentang batasan jalan-jalan ke vietnam. Kalo kamu decide buat ke hanoi, mungkin kamu serius mau dapetin asuransi jalan-jalan yang udah tercover covid.

Cara Memohon e-Visa ke Vietnam

Tergantung dari negaramu, kamu mungkin butuh e-visa dan deklarasi medis buat ke vietnam. Aku pemegang paspor filipina jadi bisa ke vietnam tanpa visa sampai 21 hari, tapi aku mau nginap sampai sebulan. Aku daftar e-visa online melalui ivisa.com yang bikin aku bisa nginap sampai 30 hari.

Syarat-syarat dan biaya bisa beda-beda tergantung paspor apa yang kamu bawa, jadi kamu bisa ke ivisa.com buat info lebih lanjut dan daftar. Dalam hal aku, prosesnya cepat dan gampang.

Hanoi Secara Singkat

Hanoi adalah nama gaul untuk ibu kota Vietnam yang terletak di tepi Sungai Merah di bagian utara negeri. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Vietnam setelah Saigon. Selama zaman kolonial, Hanoi pernah menjadi ibu kota Indocina Prancis dari 1902 hingga 1954. Setelah Vietnam merdeka, Hanoi menjadi ibu kota negeri yang bersatu.

Hanoi dikenal sebagai "Kota Danau" karena memiliki lebih dari dua lusin danau di sekitarnya. Kota ini juga memiliki iklim yang menirukan empat musim. Selain itu, Hanoi merupakan kota tua yang merayakan ulang tahun milenialnya pada tahun 2010, meskipun terdapat catatan sejarah yang menyatakan bahwa Hanoi sudah dihuni sejak tahun 3,000 SM. Bangunan-bangunan di Old and French Quarters, bagian kota yang terkenal dengan nuansa kolonial Cina dan Prancis, masih bisa kita lihat hingga sekarang.

Waktu Terbaik untuk Kunjungi Hanoi

Ternyata Hanoi memiliki dua musim utama yang pasti kamu tahu, yaitu musim hujan (Mei-September) dan musim kering (Oktober-April). Meskipun begitu, di Hanoi kamu bisa merasakan cuaca yang mirip empat musim. Kalau mau liburan ke sana dengan cuaca yang pas, kamu bisa datang ke Hanoi di musim semi (Feb-Apr) atau musim gugur (Oct-Nov).

Musim semi adalah waktu terbaik buat kamu yang mau ke Hanoi. Suhunya sejuk, berkisar antara 15-20°C, dengan langit yang cerah dari Februari hingga Maret. Tapi di bulan April, cuaca mulai gerimis. Satu lagi yang harus kamu tahu, musim semi juga bisa jadi waktu perayaan Tet, Tahun Baru Vietnam yang paling penting di sana. Jadi, bisa jadi beberapa tempat tutup selama perayaan itu.

Kalau kamu mau ke Hanoi di musim panas, jangan lupa bawa sunscreen ya. Musim panas di Hanoi panas dan lembab dengan suhu rata-rata sekitar 32°C. Selain itu, musim hujan juga mulai datang pada Juli-Agustus, jadi bisa jadi hujan lebih sering.

Kalau mau liburan ke sana dengan cuaca yang pas, musim gugur adalah pilihan terbaik. Suhunya sejuk, berkisar sekitar 25°C, dengan langit yang cerah di bulan November. Jalan-jalan di sekitar Danau Hoan Kiem juga cantik banget karena dedaunan berubah warna menjadi kuning keemasan. Musim gugur dianggap sebagai waktu terindah buat ke Hanoi.

Kalau kamu mau ke Hanoi di musim dingin, jangan lupa bawa jaket tebal ya. Musim dingin di Hanoi bisa agak dingin dengan suhu rata-rata sekitar 17°C. Tapi pernah juga turun di bawah 10°C, lho. Kelembaban yang tinggi, angin dingin, dan bangunan yang kurang insulasi bikin Hanoi terasa lebih dingin. Jadi, pastikan pakaianmu sesuai ya kalau mau ke sana di musim dingin.

Menurut kamu, kapan waktu terbaik buat ke Hanoi? Saya pernah ke sana dua kali, pertama di pertengahan April dan terakhir di awal September. Di bulan April, gak hujan sama sekali meskipun di bulan September hujan lebih sering. Menurut saya, April adalah waktu yang pas buat ke Hanoi, tapi November dan Maret juga bisa jadi pilihan yang bagus.

Suhu Rata - Rata

Suhu rata rata di Hanoi (2023)

Informasi tentang cuaca bulanan dan tahunan di Hanoi bisa dilihat di grafik iklim yang ada di holiday-weather.com. Ada juga grafik suhu rata-rata dan curah hujan tahunan yang menandai bulan-bulan terbaik untuk dikunjungi dengan warna oranye.

Berkunjung ke Hanoi

Kamu bisa sampai ke hotelmu di Hanoi dari Bandara Internasional Noi Bai dengan beberapa cara, yang pertama dengan transfer pribadi. Kamu bisa tanya-tanya ke hotelmu sendiri atau booking transfer pribadi di Bookaway. 

Selain itu, kamu juga bisa pakai Grab yang gampang banget dan harganya terjangkau di Vietnam. Misalnya aja, aku pernah pakai Grab dari bandara pagi-pagi buat ke hotel dan cuma bayar VND 268.000, atau sekitar USD 12.

Di Vietnam, mata uang yang dipake itu Vietnam Dong (VND). Buat menukar mata uang asing, kamu bisa ke bank atau toko emas / perhiasan yang kursnya lumayan bagus. Walaupun ada juga beberapa hotel atau restoran yang menyediakan jasa menukar mata uang, tapi sebaiknya kamu cuma gunainya buat keperluan darurat aja, soalnya tarifnya gak sebagus di bank atau toko emas. 

Sama aja kalau kamu mau menukar mata uang di bandara, sebaiknya cuma sekedar buat modal sebelum sampai ke hotel aja, trus sisanya bisa ditukar di kota. Buat referensi, aku pernah menukar mata uang di dua toko emas di Hanoi yang recommended sama wisatawan lain, yaitu Vàng Bạc Kim Linh dan Quốc Trinh. Keduanya ada di Old Quarter dan kursnya oke banget. Kamu bisa cek daftar penukar uang dan bank recommended di Hanoi di artikel ini.

Dimana Menukarkan Mata Uang

Kalau kamu mau naik taksi dari bandara ke Old Quarter di Hanoi, sebaiknya hati-hati aja, soalnya banyak penipuan taksi yang nyasar di sana. Jadi, jangan percaya kalau ada taksi yang bilang kamu harus bayar lebih dari USD 16-18 buat sampai ke Old Quarter dari bandara. 

Beberapa maskapai penerbangan kayak Jetstar, Vietnam Airlines, dan VietJet juga menyediakan minibus pribadi yang bisa ngantar kamu dari bandara ke perhentian di Hanoi. Harga VietJet satu arah cuma VND 40.000, atau kurang dari USD 2. Kamu bisa cek tautannya buat informasi lebih lanjut tentang minibus bandara di Hanoi.

Saat terbang ke Hanoi tetapi ada cara lain untuk sampai ke sana tergantung di mana kita berada. aku sarankan memeriksa Bookaway untuk menemukan opsi rute yang tersedia untuk perjalanan ya. 

Kalau kamu gak mau repot bawa terlalu banyak mata uang asing, kamu bisa aja tarik Vietnam Dong (VND) dari ATM. Cara ini lebih nyaman dan tarifnya sebanding. Jangan lupa bilang ke bank lokalmu kalau kamu mau pake kartu ATMmu ke luar negeri, biar nanti gak ada masalah. 

Kalau aku sih, kartu ATM-ku bekerja di beberapa mesin ATM, tapi gak di mesin lain. Pernah juga, ada mesin ATM yang tanya "mau tarik dengan atau tanpa konversi?" Selalu pilih TANPA konversi, supaya bank lokalmu yang ngurusin konversinya. 

Kalau kamu pilih "dengan konversi", bank asing yang ngelola mesin ATM bakal nge-konversi mata uangmu dengan tarif yang biasanya tinggi banget. Menurut artikel yang aku baca, perbedaan tarif bisa sampe 10%.

Area Terbaik untuk Tinggal di Hanoi

Kalau ini pertama kalimu ke Hanoi, pastiin aja tinggal di Old Quarter di Hoan Kiem. Ini ada di jantung kota, jadi dekat banget sama banyak atraksi utama. Berikut adalah beberapa area yang rekomen buat tinggal di Hanoi, dengan peta yang bisa bantu kamu ngerti dimana aja daerah-daerah itu. Klik tautannya buat liat peta secara langsung. (Catetan: daerah yang ditandain cuma perkiraan aja)

  • MERAH: Hoan Kiem
  • HIJAU: Ba Dinh
  • BIRU: Tay Ho
Area Terbaik untuk Tinggal di Hanoi

Aku bakal ngasih tautan buat book akomodasi di Hanoi di bawah setiap deskripsi, tapi kamu juga bisa booking di Booking.com atau Agoda.

Hoan Kiem

Hoan Kiem adalah daerah di sekitar danau yang juga namanya Hoan Kiem. Ini area wisata paling populer di kota dan di sini lokasi Old Quarter-nya. Dengan banyak hotel, kafe, toko, dan restoran, kamu bisa leluasa nge-explore Hanoi tanpa perlu keluar Hoan Kiem.

Di perjalanan pertama ke Hanoi, aku tinggal di Hanoi Little Town Hotel. Walaupun hotelnya gak terlalu modern, kamarnya luas dan lokasinya strategis banget. Di ujung utara Old Quarter, sekitar setengah jalan antara Danau Hoan Kiem sama Truc Bach. Kamu bisa booking kamar di Hanoi Little Town Hotel di Agoda.

Kalau kamu mau tinggal di Hoan Kiem tapi gak suka sama hotel ini, kamu bisa cari alternatif lain di Booking.com atau Agoda. Kamu bisa filter pencarianmu supaya hanya menampilkan hotel di Old Quarter (Booking.com | Agoda) atau Backpacker Quarter aja. Keduanya adalah daerah kecil yang populer di distrik Hoan Kiem.

Di bawah ini adalah beberapa hotel paling populer di Hoan Kiem.

  • Mewah: Sofitel Legend Metropole Hanoi
  • Kelas menengah: Royal Holiday Hanoi Hotel
  • Sesuai Budget: Rising Dragon Estate Hotel

Ba Dinh

Ba Dinh adalah daerah yang ada di barat Hoan Kiem dan selatan Tay Ho. Di sini lokasi beberapa tempat bersejarah kayak Mausoleum Ho Chi Minh, Kuil Sastra, dan Benteng Thang Long. Pernah tinggal di perjalanan terakhir ke Hanoi, aku tinggal pas di atas batas Ba Dinh sama Hoan Kiem, sekitar satu jalan dari jalan kereta Hanoi. Kalau dari Hoan Kiem, aku rasa bagian timur Ba Dinh adalah daerah terbaik buat tinggal di Hanoi.

AirBnB-ku di sana super luas dan salah satu kamar terbaik yang pernah aku tinggal di Vietnam. Aku sampai betah banget di sana, jadinya aku tinggal dua kali, tapi beda waktu. Kamu bisa booking kamar yang sama di AirBnB, atau cari alternatif lain di Ba Dinh di Booking.com atau Agoda.

Lihat beberapa tempat menginap paling populer di Ba Dinh.

  • Mewah: Dolce oleh Wyndham Hanoi Golden Lake
  • Kelas menengah: Hanoi Le Jardin Hotel & Spa
  • Sesuai Anggaran: La Batisse Kim Ma Hotel

Tay Ho

Tay Ho adalah daerah yang ada di sekitar Danau Barat, danau air tawar terbesar di Hanoi. Ini daerah yang tenang dan asik, dengan hotel-hotel yang bagus, tapi agak jauh dari Hoan Kiem. 

Kecuali kamu tinggal di ujung selatan danau, kamu harus pake Grab buat ke area wisata utama kota. Kamu bisa cari hotel di Tay Ho di Booking.com atau Agoda.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan di Hanoi

Jelajahi Hanoi yang Bersejarah

Hanoi itu kece. Emang udah tua dan agak rusak di beberapa bagian, tapi itu bikin kota ini punya karakter. Dengan banyak bangunan kolonial Prancis, danau, dan jalan-jalan yang rindang, ini tempat yang asik buat jalan-jalan kaki. Beda sama Saigon, Hanoi ini kota yang sangat bisa dilalui kaki dan bisa kamu jelajahi dalam waktu sekitar dua hari.

Bisa liat rencana perjalanan Hanoi kita buat saran tempat yang harus dikunjungi. Hanoi cukup gampang buat jelajahi sendiri, tapi kalau mau ikut tur dengan pemandu, bisa pesen melalui Klook atau Dapatkan Panduan Anda.

Kuil Sastra, Hanoi, Vietnam

Melihat Penjara Hoa Lo, atau yang dikenal juga sebagai "Hanoi Hilton". Sekarang jadi museum, ini dulu penjara yang dipakai oleh penjajah Prancis buat tahanan politik, trus Vietnam Utara buat tahanan AS selama Perang Vietnam.

Penjara Hoa Lo, Hanoi, Vietnam

Estimasi Waktu yang Dibutuhkan: Sehari Penuh

Harga Tiket: Beragam (tiap tempat)

Ambil Foto mu di Train Street

Wah, ternyata Train Street di Hanoi jadi salah satu tempat wisata yang populer banget ya! Emang sih, kalo liat foto-fotonya di Instagram, kelihatan keren banget, jadi gak heran kalo banyak orang yang pengen dateng ke sini. 

Yah, kalo diliat dari tanda yang ada di bawah ini, jelas-jelas kereta api yang lewat di sini masih aktif dan bahkan bisa ngebahayain orang. Emang sih, gak masuk akal sih kalo ada kafe yang bikin tempat duduk di luar ruangan di sepanjang rel kereta yang masih aktif. 

Mungkin sih, kalo kereta lewat, orang-orang di kafe itu bakal ngemasi meja dan kursinya dulu, tapi masih aja bahayanya kan? Eh, ternyata situasinya juga udah semakin gak terkendali sih, sampe-sampe pemerintah daerah di sana mau ngelarang kafe-kafe di sepanjang rel kereta itu buka. 

Tapi, belum tau sih apakah pemerintah bakal ngikutin atau enggak sih keputusannya. Oh iya, kereta yang lewat di sini bawa penumpang dan barang antar Hanoi sama Haiphong. Seru banget ya pengen liat kereta lewat di sini!

train street

Udah gitu, kalo kamu pengen liat tempat instagrammable lainnya di Hanoi, bisa banget deh ikutan tur Instagram Hanoi. Di sana, kamu bakal diantar jalan-jalan dengan motor ke tempat-tempat keren yang bakal bikin Instagrammu makin kece, kayak Long Bien Bridge, Phung Hung Mural Street, dan Train Street. Seru banget!

Saksikan Pertunjukan Wayang Air

Kalo kamu pengen liat pertunjukan budaya yang unik di sana, coba deh dateng ke Thang Long Water Puppet Theater. Di sana, kamu bakal disuguhin pertunjukan boneka air selama satu jam yang bakal bikin kamu ketagihan. Di pertunjukannya itu, kamu bakal ngeliat cerita-cerita rakyat dan legenda Vietnam yang diiringin sama orkestra langsung. 

Saksikan Pertunjukan Wayang Air Hanoi, Vietnam

Kalo pengen tiketnya, bisa langsung beli di gerbangnya, tapi kalo mau lebih seru lagi, bisa aja deh ikutan tur kota Hanoi yang disediain sama Klook atau Get Your Guide. Di sana, kamu bakal diajakin jalan-jalan ke tempat-tempat keren di Hanoi sama pemandu yang bisa jelasin kamu tentang apa aja yang kamu liat, trus akhirnya bakal dapet tiket pertunjukan boneka air juga. 

Eksplor Phung Hung Mural Street

Eksplor Phung Hung Mural Street

Pada dinding yang terletak di Jalan Phung Hung dan sejajar dengan Stasiun Kereta ini, terdapat lebih dari 20 mural yang menggambarkan kehidupan sehari-hari di Vietnam. Mural-mural tersebut dibuat dengan realistis, dengan figur-figur dalam ukuran sebenarnya sehingga terlihat hampir sama dengan aslinya di foto Anda. Ini adalah salah satu lokasi populer di Hanoi yang menjadi tujuan wisata Instagram. Jika kamu ingin meningkatkan level feed Instagram-mu, kamu bisa menggunakan gaun ao dai Vietnam dan topi non la saat mengunjungi lokasi tersebut. Hal ini akan membuat foto-foto yang kamu hasilkan jauh lebih bagus.

Jalan - Jalan untuk Kuliner Makanan

Jalan - Jalan untuk Kuliner Makanan

Kalau kamu mau belajar masakan lokal, nggak ada cara yang lebih oke daripada nge-tur makanan. Gua udah pernah ikut tur makanan di banyak kota di dunia, dan biasanya bawa kita ke tempat-tempat lokal yang gampang-gampang susah dicari di Google. Gua pernah ikut dua tur makanan jalanan di Hanoi terakhir gua, dan keduanya oke banget.

Salad pepaya hijau dengan dendeng sapi ala Cina ini salah satu makanan yang gua cobain di tur makanan jalanan Hanoi sama Backstreet Academy. Itu adalah pesta makan 2,5 jam yang bawa kita ke beberapa tempat lokal terbaik di Hoan Kiem untuk nyobain hidangan Vietnam klasik kayak pho, ca cuon, dan banh goi. Kamu bisa liat artikel gua tentang tur makanan jalanan Hanoi ini untuk foto dan info lebih lanjut.

Tur Makanan kedua

Tur makanan yang kedua yang gua ikuti adalah tur makanan dan pasar yang dibikinin sama koki yang kece ini sama A Chef's Tour. Tur ini dimulai jam 4 pagi dan bawa kita ke tiga pasar ter-ramai di Hanoi waktu mereka lagi rame banget. Kalau kamu suka foto jalanan sama makanan jalanan, kamu mungkin pengen ikut tur ini. Selain itu, koki yang nyemangatin tur ini juga nawarin kelas masak yang populer di Hanoi.

Kalau kamu mau cari tur makanan lainnya, kamu bisa cek Klook dan Dapatkan Panduan Anda. Banyak banget pilihannya!

Ikuti Tur Mencicipi Kopi

icip kopi hanoi

Vietnam adalah produsen kopi terbesar ke-2 di dunia, cuma kalah sama Brasil. Vietnam juga bikin kopi yang enak banget, jadi gua rekomendain nge-tur nyobain kopi. Gua jelajahi kafe sebanyak yang gua bisa di Vietnam, tapi kopi di Hanoi yang paling kece. 

Kota ini terkenal banget sama kreasi kopi rumahan yang unik, terutama yang paling terkenal: ca phe trung atau kopi telur. Mudah banget kalau mau ke kafe sendiri, tapi kalau kamu mau ikut tur berpemandu, mungkin kamu tertarik sama tur jalan kaki pecinta kopi ini sama Backstreet Academy. Gua dibawa ke tiga kafe paling bersejarah di kota ini buat nyobain campuran kopi yang kece kayak kopi telur, kopi yogurt, dan kopi kayu manis.

Ikuti Kelas Memasak

kelas memasak di hanoi

Kita seneng banget ngikutin kelas masak ini di Hoi An, jadi sekarang kita coba ngikutin satu di setiap perjalanan. Walau kita suka jelajah restoran dan nge-tur makanan, nggak ada yang bisa ngasih tahu kita lebih banyak tentang masakan lokal daripada kelas masak. Itu kayak lihat dari balik tenda masakan.

Cookly adalah platform booking yang fokus sama kelas masak sehari. Mereka nawarin kelas masak di banyak kota di dunia, termasuk Hanoi. Soalnya mereka cuma fokus sama kelas masak, gua rasa nggak ada tempat yang lebih bagus buat cari kelas masak saat jalan-jalan daripada di Cookly. Klik tautan buat liat daftar kelas masak mereka di Hanoi.

Seperti yang udah disebutin sebelumnya, salah satu tur makanan yang gua ikuti dipimpin sama Chef Duyen yang juga nawarin kelas masak populer di Hanoi. Dia energik banget dan tahu banget barang-barangnya, jadi mungkin kamu pengen liat kelas masaknya di Hanoi.

Wisata Menarik Lain dari Hanoi

Berlayar di Ha Long Bay 

Wisata Menarik Lain dari Hanoi

Sekitaran tiga jam di timur Hanoi, Ha Long Bay adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu tujuan wisata terpopuler di Vietnam. Tempat ini rumah sama air hijau giok dan sekitar 2.000 pulau kecil, yang sebagian besar dari batu kapur. Bisa jalan-jalan sehari ke Ha Long Bay, tapi menurut gua, paling seru nikmatinnya di kapal pesiar selamanya. Kalau kamu udah lama di Hanoi, jalan-jalan di Ha Long Bay jadi kewajiban.

Kita pesen jalan-jalan kita lewat Klook, tapi kamu juga bisa cek Dapatkan Panduan Anda. Pastikan cek artikel gua tentang Ha Long Bay Cruise kita buat liat foto dan info lebih lanjut.

Hoa Lu dan Tam Coc

Vietnam Utara terkenal sama pemandangan karst batu kapurnya yang tinggi-tinggi. Dengan beberapa hari buat diisi di Hanoi, kita putuskan buat nge-tur sehari ke Hoa Lu dan Tam Coc di Provinsi Ninh Binh. Sekitar dua jam ke selatan Hanoi, daya tarik utamanya termasuk kunjungan ke Kuil Raja Dinh dan naik perahu di sepanjang Sungai Hoang Long yang dikelilingi sawah dan pegunungan kapur di semua sisi.

Kita pesen tur berpemandu ini lewat Klook. Kamu bisa pilih dari beberapa tur sehari Hoa Lu dan Tam Coc lewat Get Your Guide juga. Liat postingan gua tentang Hoa Lu dan Tam Coc buat liat foto dan info lebih lanjut.

Hoa Lu dan Tam Coc

Selain itu, kamu mungkin ketemu info tentang Trang An dalam nyari-nyari. Ini daerah dekat provinsi Ninh Binh sama lanskap yang mirip Tam Coc. Mereka nawarin pengalaman yang sama aja, jadi turis kadang bingung mau ke mana. Gua belum pernah ke Trang An, tapi ada yang bilang pengalaman di sana terasa lebih artifisial daripada Tam Coc.

Hiking di Sapa

Hiking di Sapa

Sapa adalah kota pegunungan di Provinsi Lao Cai, sekitar 5 jam ke barat laut Hanoi. Terkenal sama trekking dan sawahnya, ini salah satu tujuan wisata terpopuler di Vietnam Utara.

Kamu bisa liat panduan perjalanan lengkap kita buat nyiapin perjalanan trekking mandiri ke Sapa. Kamu juga bisa baca panduan kita tentang cara ngelakuin perjalanan dari Hanoi ke Sapa. Kalau kamu lebih suka pesen tur trekking, kamu bisa lakuin itu lewat Klook atau Get Your Guide.

Panduan Makan Enak di Hanoi

Gue gak pernah ke Vietnam sampai tahun 2017. Gue gak suka makan Vietnam sama sekali. Tapi sekarang, setelah pergi ke sana, Vietnam jadi salah satu negara favorit gw buat makan. Gue jadi fans banget makanan Vietnam sampai gw bikin panduan makan Vietnam yang terus update. 

Kalo lo mau tau apa aja yang populer di Vietnam, panduan ini bakal jadi tempat yang tepat buat lo. Oh iya, kalo lo suka yang manis-manis, jangan lupa cek panduan gw tentang makanan penutup Vietnam yang tradisional juga ya.

Dimana Makan di Hanoi

Panduan makan Hanoi ini nge-list 5 resto dan kedai makan jalanan terbaik di kota. Dari makanan nasional favorit kayak mi pho sama banh sampai makanan utara kayak bun cha sama cha ca, daftar ini bakal bawa lo ke tempat makan terbaik di Hanoi.

Bun Cha 74 Hang Quat

Bun Cha 74 Hang Quat

Ini mungkin satu-satunya makanan terbaik yang gw dapet di Hanoi. Tempat ini spesialisnya bun cha, makanan daging babi panggang yang disajiin sama bihun ketan dan sayur segar.

Bun cha emang makanan khas Hanoi. Pribadi, gw suka banget makan bun cha di Vietnam. Gw pernah ke lima tempat bun cha yang beda di Hanoi, tapi Bun Cha 74 Hang Quat jelas jadi favorit gw.

Pho Hang Trong

Pho Hang Trong

Gw udah ke enam atau tujuh resto pho di Hanoi, tapi gw paling suka Pho Hang Trong. Terletak di gang gelap di lantai dua bangunan, ini resto tersembunyi yang keren di Hanoi.

Resto ini di rumah orang, jadi lo bakal nyemil mie di ruang tamu mereka. Gw gak tau ada pho yang lebih homemade dari ini.

Chả Cá Thăng Long

Chả Cá Thăng Long

Cha ca juga makanan asli Hanoi. Ini makanan ikan lele yang dicelupin tepung roti, digoreng sama adas segar.

Cha ca disajin sama bihun, kacang panggang, ketumbar, sama saus nuoc cham, cuka, bawang putih. Gw udah makan cha ca tiga kali di Vietnam, tapi Cha Ca Thang Long masih jadi yang terbaik sampai sekarang.

Bánh Mỳ P

Sebenernya, gw lebih suka banh mi di Hoi An sama Saigon daripada di Hanoi. Tapi gw yakin kalau banh mi di Hanoi udah pasti lebih enak daripada yang ada di luar Vietnam.

Gw udah nyobain hampir sepuluh banh mi dari tempat yang beda di Hanoi, tapi banh mi ayam panggang dari Banh My P jadi favorit gw. Roti dia emang keren banget.

Quán Gốc Đa

Gw gak tau apa aja yang namanya makanan gorengan Vietnam, tapi Quan Goc Da spesialisnya gorengan Vietnam.

Mereka jual banyak jenis, tapi yang paling populer cuma banh goi, empanada Vietnam yang isinya daging babi cincang, jamur, mie, telur puyuh. Disajin sama sayur-sayuran segar sama saus nuoc cham.

Kafe yang Harus Dikunjungi di Hanoi

Kayak yang udah gw bilang, Vietnam dikenal sama kopinya. Hanoi punya beberapa kafe terkeren yang jual kreasi kopi keren kayak kopi telur, kopi yogurt, kopi kelapa. Gw peminum kopi besar, jadi gw ke kafe sesering gw bisa. Gw udah list semua di daftar kedai kopi Instagram-worthy di Hanoi.

Thirteen kafe mungkin terlalu banyak buat banyak orang, jadi gw listin tiga kafe favorit gw dibawah ini. Cek panduan kopi Hanoi gw buat foto dan info lebih lanjut tentang kafe-kafe ini.

Cafe Dinh

Ini salah satu kafe yang gw kunjungi pas lagi ngikutin tur pecinta kopi Hanoi sama Backstreet Academy. Cafe Giang terkenal sama ca phe trung atau kopi telur, tapi yang banyak orang gak tau adalah Cafe Dinh dimiliki sama keluarga yang sama. Terletak deket Danau Hoan Kiem, Cafe Dinh jual kopi telur yang sama dengan Cafe Giang di tempat yang lebih tenang dan gak terlalu ramai.

Tranquil Books and Coffee

Tranquil Books and Coffee

Tranquil Books & Coffee gak punya sejarah kayak Cafe Dinh, tapi ini jadi salah satu kafe favorit gw di Hanoi, terutama karena interior yang nyaman dan suasana santai. Kayak lagi di ruang belajar atau perpustakaan. Kalo lo traveler digital, ini tempat yang bagus buat ngerjain beberapa tugas.

Hidden Gem Coffee

Hidden Gem Coffee

Hidden Gem Coffee jadi salah satu tempat "tersembunyi di depan mata" yang gw maksud di panduan tadi. Pintunya gak keliatan dari jalan, tapi kalo masuk ke gang, lo bakal nemuin yang jadi salah satu kafe paling keren di Hanoi. Mereka jual ca phe trung yang cukup nendang di sini.

Tempat Menarik di Hanoi (Peta)

Hidden Gem Coffee

There are a LOT of places recommended in this guide. To help you visualize where everything is, I’ve pinned them all on this map. Click on the link for a live version of the map.

Tempat Menarik di Hanoi (Peta)

Pernah gw bilang dulu di panduan ini, gw ngerasa Hanoi lebih keren dilalui jalan kaki daripada Saigon. Jalan di Hanoi lebih sempit sama ada motor sepeda yang lebih sedikit, jadi nyebelin nyebrang jalan gak pernah jadi masalah. Gw jalan kemana-mana, sering ke sana kemari kayak 20 km sehari, gak pernah pengen naik transportasi umum. Jarak antar atraksi juga gak terlalu jauh sama selalu ada sesuatu yang keren buat liat kayak pohon, danau, atau arsitektur

Cara Bertransportasi di Hanoi

Jadi, gak semua orang mau jalan sebanyak itu. Kalo gak, lo bisa keliling pake Grab, mobil atau motor. Pribadi, gw lebih suka Grab Bike. Lebih murah sama bawa lo ke tempat tujuan lebih cepat. Gw sering pake di Saigon.

Kalo lo liat, banyak banget cyclo atau becak bertenaga pedal di Hanoi. Harga dia relatif murah tapi lama banget, jadi gw pikir lebih buat jalan-jalan daripada transportasi yang praktis.

Gak peduli cara lo keliling, gw recommend banget pake aplikasi Google Maps (iOS| Android) buat nyari jalan. Bisa bantu lo cari jalan dari satu tempat ke tempat lain pake transportasi umum di kota apa aja. Gw pake aplikasi ini di setiap perjalanan gw sama ternyata bener-bener handal.

Berapa Hari Harus Tinggal / Rencana Perjalanan Hanoi

lo bisa keliling atraksi utama Hanoi dalam sehari, tapi kenapa lo mau? Kota ini keren banget sama kopi dan makanan enak, jadi lo bakal rugi kalo gak lama-lama dan tinggal selama beberapa hari.

Gw kasih tahu, dua hari itu minimum, tiga hari kalo lo pengen keliling sana sini. Ini daftar singkat tempat yang harus dikunjungin kalo lo cuma dua hari, tapi kalo lo pengen rencana perjalanan yang lebih detil, lo bisa liat di panduan perjalanan Hanoi 3 hari gw.

HARI PERTAMA
Danau Hoan Kiem
Kuil Putra Ngoc
Pertunjukan Wayang Air
Katedral St. Joseph
Penjara Hoa Lo
Jalan Kereta Api
Jalan Mural Phung Hung
HARI KEDUA
Kuil Sastra
Menara Bendera Hanoi
Benteng Thang Long
Mausoleum Ho Chi Minh
Kuil Quan Thanh
Pagoda Tran Quoc
HARI KETIGA
Perjalanan sehari ke Ha Long Bay

Anggaran / Ringkasan Biaya

kira-kira biaya hidup di Hanoi bisa sekitar VND 700,000 per hari kalau kamu mau share kamar hotel sama temenmu, dan tinggal di sana selama beberapa hari. Itu ngakunya udah termasuk kamar hotel, makan, transport, tiket masuk tempat wisata, dan sewa wifi saku. Berikut rinciannya:

Akomodasi

Akomodasi di Hanoi relatif murah. Kamu bisa mencari penginapan kelas menengah yang bagus di Old Quarter dengan harga sekitar USD 25-30 per malam. AirBnB terakhir yang aku tinggali juga super luas dan aku cuma bayar USD 13 per malam. Kalau kamu nggak punya budget banyak, coba aja cari hostel dengan harga mulai dari USD 6 per malam.

Biaya Makan

Makanan di Vietnam beneran nggak bikin kantong kering! Kalau mau ngirit bisa jajan di pinggir jalan aja, udah pasti jauh lebih murah daripada makan di restoran. Walaupun sih emang sih biasanya makan di resto juga enak-enak, tapi kalau lagi pengen ngirit bisa aja lah jajan di pinggir jalan. Tapi kalau mau ngopi setiap hari, mungkin harus nambahin duitnya sedikit. ya kira kira VND 100.000 an lah

Biaya Transport

Transportasi di Hanoi cukup murah, lho. Kalo aku sih, cuma nge-Grab Bike aja. Udah cukup buat nyasar-nyasar ke segala tempat. Kalo lo mau nge-Grab aja, anggaran transportasi harian lo sekitar VND 100.000.

Nggak perlu keluar kantong terlalu dalam kok, karena biaya hidup di sana nggak terlalu mahal. Kamar hotel di Old Quarter bisa dapetin dengan harga mulai dari 25-30 USD per malam. Tapi kalau mau lebih hemat, AirBnB yang aku tinggali kemarin cuma 13 USD per malam. Atau kalau udah nggak punya duit banyak banget, kamu bisa nyewa asrama hostel dengan harga 6 USD per malam. 

Makanannya juga nggak perlu bikin dompet jebol, lho. Makan di warung jalanan aja cukup dengan budget 100,000 VND per hari. Tambah lagi kalau suka nge-coffee setiap hari. Transportasi? Grab Bike aja, cukup dengan 100,000 VND per hari. Biaya masuk ke tempat-tempat wisata? 260,000 VND aja. Oh ya, jangan lupa sewa perangkat wifi saku dari Klook seharga 5 USD per hari.

Total Anggaran

Nah, kalau kamu mau hemat dengan anggaran VND 700,000 per hari, kamu bisa pilih hostel yang murah, makan di warung-warung Vietnam yang nggak terlalu mewah, dan nggak minum kopi setiap hari. Kamu juga bisa ngehemat di biaya transportasi dengan nggak terlalu sering pakai Grab Bike dan lebih banyak jalan kaki aja. Tapi kalau kamu mau nikmatin liburanmu dengan makan di restoran yang lebih mewah, minum kopi di kafe keren, dan sering pakai Grab Bike, maka anggaran yang direkomendasikan ini akan lebih pas buat kamu.

Tips Perjalanan ke Hanoi

Rencanakan Perjalanan Anda dengan Sygic Travel

Planning perjalanan itu memang sakit kepala. Terutama kalau lagi nyari tempat buat nginap yang kekinian tapi tetep budget friendly. Tapi gak usah khawatir, ada Sygic Travel buat nyelesain masalah ini. Aplikasi perencanaan perjalanan ini udah saya pake selama beberapa tahun terakhir, dan itu bikin saya bisa plot tempat-tempat yang kece di peta, jadi saya tau di mana semuanya ada dan bisa nyusun rencana perjalanan yang efisien. Rekomended banget deh!

Sewa Perangkat Wifi Saku

Koneksi wifi yang keren adalah suatu keharusan sekarang. Anda butuh banget buat nyari tau, ngorder Grab, dan belajar bahasa Vietnam. Ren dan saya sekarang nggak pernah kemana-mana tanpa nyewa perangkat wifi saku dulu.

Kita nyewa perangkat wifi saku 3G sama Klook. Kita lebih suka perangkat wifi saku, tapi kalau kamu lebih suka beli kartu sim, bisa juga dapat sama Klook. Kamu bisa ngambilnya di Bandara Internasional Noi Bai atau ngirim ke hotel kamu.

Check-in di Hanoi Mobile Promo

Kalau kamu mau nge-trip ke Hanoi, ada banyak situs web yang bisa kamu akses untuk nyari tawaran tur dan aktivitas seru. Tapi kalau kamu mau yang terbaik, Klook dan Dapatkan Panduan Anda adalah pilihan terbaik. Mereka punya banyak pilihan yang kece sama harga yang oke banget.

Di Hanoi, kami udah beli tiga tawaran dari Klook - trip sehari ke Hoa Lư dan Tam Cốc, pelayaran mewah di Ha Long Bay selama semalaman, dan sewa wifi saku. Kami puas banget sama semuanya.

Klik tautan ini untuk liat daftar lengkap tawaran Hanoi dan Ha Long Bay di Klook dan Dapatkan Panduan Anda.

Cari Asuransi Perjalanan

Gw akan merekomendasikan untuk beli asuransi perjalanan loh, terutama kalo lo bakal ngelakukin aktivitas fisik yang bisa bikin lo kena masalah sama kesehatan. Gimana kalo lo jatuh atau terluka, atau kalo terjadi sesuatu sama barang bawaan lo? Asuransi perjalanan bisa bantu lo ngcover semua biaya terkait situasi-situasi kayak gitu. SafetyWing juga pilihan yang keren sih, gw pernah nyoba beli dari sana juga dan puas banget sama pelayanannya. Mending beli asuransi aja biar lo bisa tenang liburan.

Bayar Hanya dalam VND

jangan bayar pakai USD bro! Kalo bisa, bayar aja pakai VND aja. Bank dan toko emas/perhiasan itu tempat terbaik buat nuker mata uang di Hanoi. Jangan sampai lo kehilangan duit karena tarif yang diberikan ke lo itu lebih menguntungkan mereka. Jadi inget, bayar pakai VND aja deh!

Jangan bingung dengan mata uangnya

Wah, Vietnam bisa bikin bingung pas dapet uangnya. Beberapa nol di uang kertas bikin pusing, apalagi beberapa nominal yang kelihatan mirip banget. Misal aja, VND 100.000 yang hijauan kayak VND 10.000. Biasanya aku selalu hati-hati sama uang yang aku pegang tapi di Vietnam aku pastiin tuh keliatan lebih dekat dulu sebelum ngasih ke penjual.

Turis bisa dikenai harga yang lebih tinggi di Vietnam karena bingung sama uang kertas. Misal, ada wanita yang ikut tur Hoa Lư sama Tam Cốc sama gue. Kalau gue denger yang bener, dia mau ngasih VND 50.000 buat bayar soda tapi ternyata salah ngasih VND 200.000 yang merah. Sampe akhirnya dia sadar, dia udah beli Coke termahal yang pernah dia beli.

Sebenarnya, jangan sampe salah bayar, lihat dulu uang kamu sebelum nyerahin ke vendor. Kalo gak, mungkin bakal dapet coke yang termahal sepanjang hidup. Kita juga gak tau apa-apa, bisa jadi vendor Vietnam nggak akan ngebetulin kalo kita salah bayar. Jadi, jangan buang-buang duit cuma buat beli coke aja. Ntar bisa dapet yang termahal.

Bawa Adaptor Daya yang Tepat

Pastikan kamu bawa adaptor yang tepat, Vietnam punya outlet Tipe A, Tipe C, atau Tipe F. Tegangan listriknya 220V dan frekuesinya 50Hz.

Related Post