Dingin Menggigigl Wisata di Coban Rondo Malang, Berani Buktikan?!

Mengenal Coban Rondo

Mengenal Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo jadi salah satu air terjun keren di Jawa Timur, tepatnya di kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Banyak banget pengunjung yang suka ke sana karena pemandangan alamnya yang indah sama aktivitas yang seru

udara sejuk di ketinggian 1.135 mdpl plus derasnya air terjun bikin suasana sekitar Coban Rondo jadi segar banget. Tinggi air terjun ini 84 meter dengan debit air yang bisa lebih dari 90 L per detik. Jadi, kalau kamu mau merasakan udara sejuk dan suasana yang segar, Coban Rondo bisa jadi pilihan yang bagus.

Sumber air terjun Coban Rondo adalah mata air yang terletak di kaki gunung Kawi bernama Cemoro Dudo. Bersihnya air serta segarnya udara disekitar Coban Rondo membuat tempat ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Jadi, kalau kamu mau menikmati suasana segar di tengah alam, Coban Rondo bisa jadi pilihan yang cocok untukmu.

Sejarah Air Terjun Coban Rondo

Kenapa dinamakan Coban Rondo?

Sejarah Coban Rondo ternyata tak terlepas dari cerita rakyat tentang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Menurut dongeng, setelah beberapa hari menikah, pasangan tersebut berencana untuk berpetualang ke Gunung Anjasmoro.

Namun ternyata adat jawa kuno melarang hal tersebut, karena jika usia pernikahan belum genap selapan, pengantin baru dianggap belum layak untuk bepergian. Sayangnya, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo tetap nekat untuk pergi meski demikian

Sampai di tengah jalan, rombongan mereka disambut oleh Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati yang cantik. Tentunya, pertarungan tidak terelakkan antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo.

Untuk menyelamatkan diri, Dewi Anjarwati bersembunyi di balik air terjun sampai dijemput kembali oleh Raden Baron Kusumo. Namun, sayangnya, pertarungan tersebut berakhir tragis dengan kematian Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo. Dewi Anjarwati pun terpaksa meratapi nasibnya sebagai janda.

Dari cerita yang gue denger, air terjun ini dikasih nama sesuai dengan legenda tentang Dewi Anjarwati yang jadi janda. Sampe sekarang, cerita itu masih dipercayain sama masyarakat dan jadi keunikan tersendiri dari air terjun ini.

Legenda Coban Rondo dan Mitos

Cobaan Rondo memiliki sejarah yang menyedihkan. Di sana ada seorang wanita bernama Dewi Anjarwati yang ditinggal mati oleh suaminya. 

Mitos menyebutkan bahwa siapa saja yang pacaran di sana, hubungan mereka tidak akan bertahan lama. Ada juga cerita bahwa Dewi Anjarwati masih terlihat di atas batu di dekat air terjun. Banyak orang yang percaya akan misteri tersebut dan datang ke sana untuk membuktikannya.

Larangan di Coban Rondo

  • Kesialan Bagi Pengunjung Yang Berpacaran
  • Larangan untuk buang sampah bahkan buang air sembarangan
  • Teriakan dan kata-kata kotor pun dipercayai dapat menimbulkan tulah bagi wisatawan

Wahana Coban Rondo

Tempat wisata Coban Rondo ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, terlepas dari mitos dan misteri yang beredar. Selain menyajikan pemandangan alam yang indah, terdapat juga berbagai wahana rekreasi yang bisa dinikmati oleh pengunjung semua usia.

Apa yang ada di Coban Rondo? Coban Rondo terkenal sebagai tempat wisata alam yang lengkap dan juga cocok untuk kegiatan outbound bersama-sama. Di sana terdapat 3 paket wisata coban rondo wajib yang bisa dicoba, yaitu taman labirin, fun tubing pelampung, dan paintball.

Taman Labirin Coban Rondo

taman labirin coban rondo

Taman Labirin Merupakan wahana yang cukup menakutkan bagi sebagian orang. tapi bagi penyuka tantangan menikmati permainan di Taman Labirin akan memberikan kepuasan sendiri bila bisa menyelesaikannya. labirin yang ada terbuat dari tanaman asli yang tumbuh dan di bentuk agar menjadi pola tertentu. memang cukup mengesankan yah Labirinnya!

Taman ini memiliki tinggi 2 meter lebar jalan 1.75 meter. dengan spesifikasi taman seperti itu, bagi wisatawan akan menemukan keseruan tersendiri dengan berusaha mencari jalan keluar bila sudah masuk ke labirin taman coban rondo ini

Ada kejutan juga di tengah taman labirin ini ada kolam yang berisi air melambung. spot ini juga menjadi tempat favorit para pengunjung untuk selfi loh.

Jangan takut tersesat didalam labirin, cukup melambaikan tangan dan berteriak untuk memberi tahu orang yang sedang berjaga di gardu pandang disebelah taman. ikuti arahan pemberi tahu posisi mu dari gardu pandang. gardu pandang juga bisa dijadikan tempat pengambilan foto loh. pasti dengan sudut angel foto yang menarik bisa terekam.

Fun Tubing dengan Pelambung

Jadi, kalo mau seru-seruan di Coban Rondo, coba aja main air pake wahana Fun Tubing. Bisa jadi pengalaman yang seru banget. Bisa ngejelajahin sungai yang segar sambil nikmatin pemandangan alami. 

Pastinya bakal bikin adrenalin lagi ngebuzz. Btw, pake ban khusus yang udah disiapin buat aktivitas ini. Jangan lupa, ada jeram-jeram ekstrim yang bakal nambah serunya perjalanan.

Oke, jadi jangan khawatir kalo mau main Fun Tubing di Coban Rondo. Udah dijamin keamanannya sama peralatan keselamatan yang lengkap, plus ada pemandu yang siap nge-monitor keamanan kita. 

Buat yang mau ngerasain keseruan Fun Tubing yang luar biasa, bisa aja main bareng rombongan. Terus, jangan lupa, wahana ini jadi favorit wisatawan yang dateng ke Coban Rondo. Jadi, buat yang mau ngerasain sensasi seru, wajib coba aja main Fun Tubing di sana.

Paintball

Kalo mau ngerasain sensasi seru lain, coba aja main Paintball di Coban Rondo. Gak cuma bisa ngebakar adrenalin, kita juga bakal merasain sensasi perang tembak-tembakan dengan senjata khusus dan seragam lengkap. 

Buat yang suka sama perang-perangan, wajib banget main Paintball di sini. Tambah seru lagi, arena mainnya di hutan asli, jadi bisa pake pohon dan semak belukar jadi tempat persembunyian.

Buat yang mau main Paintball di Coban Rondo, biasanya butuh minimal 6 orang yang terbagi jadi 2 tim. Selama 30 sampe 45 menit, kita bakal ngerasain sensasi perang tembak-tembakan yang seru. Kalo mau main yang lebih lama, tinggal tambahin peluru atau gas. 

Gak perlu khawatir, keamanan main Paintball di sini udah dijaga banget, banyak aturan keselamatan yang harus dipatuhi. Buat yang suka sama perang-perangan, main Paintball di area hutan Coban Rondo bakal jadi pengalaman yang gak bakal terlupain. 

Oh ya, masih banyak wahana seru lain yang bisa kita coba di sini, seperti Flying Fox, naik sepeda gunung, atau naik kuda. Jadi, Coban Rondo bakal jadi tempat wisata seru buat kita, keluarga, atau rombongan.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Masuk Coban Rondo bayar berapa? Buat yang mau ke Coban Rondo, kudu nyiapin duit ga sampe 50 ribu satu orang, ga mahal deh, terus lebih murah lagi kalo kita dateng bareng rombongan. coban rondo tiketnya berapa sih emang?

Berikut ini tabel biaya masuk ke Coban Rondo:

Tiket Masuk:

  • Wisatawan Lokal: Rp15.0000,00 (weekday), Rp18.0000,00 (weekend) 
  • Wisatawan Mancanegara: Rp30.000,00 (weekday), Rp35.000,00 (weekend) 

Jadi, gak perlu nyiapin duit banyak-banyak buat ke sini.

Gak usah khawatir, harga di tabel bisa aja berubah sesuai kebijakan pengelola Coban Rondo. Jadi, buat referensi aja yah. Kalo mau lebih hemat, bisa coba paket lengkap terusan wahana. 

Walau lebih mahal, tapi udah termasuk biaya beberapa wahana sama tiket masuk. Jadi, bisa nikmatin Taman Labirin, Sepeda gunung, dll tanpa harus nambahin duit lagi. 

Buat yang mau liburan di Malang yang lebih murah, bisa manfaatin paket wisata dari agen perjalanan. Banyak destinasi wisata di Malang dan sekitarnya yang bisa kita kunjungi dengan lebih mudah sama hemat.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Rondo

Buat yang mau ke Coban Rondo, bisa nyasar ke Jl Coban Rondo, Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Gak jauh dari Kota Batu atau Kota Malang, tinggal sekitar 12 Km dari Kota Batu atau 20 km dari Kota Malang. Dari Kota Batu, cuma 30 menit berkendara aja udah sampai ke pintu masuk Coban Rondo. 

Banyak yang lebih milih sewa mobil daripada naik kendaraan umum. Biasanya kendaraan umum banyak ganti-ganti sama biayanya juga lebih mahal. Buat yang mau ke sini, tinggal ikutin gang yang ada patung sapi di pertigaannya. Nanti, udah sampe loket masuk. Dari sana, kita harus jalan kaki dulu sebelum sampe ke air terjun. Selama perjalanan, bakal nikmatin pemandangan hutan yang asri sama beberapa wahana yang bisa kita coba.

Jam Operasional Coban Rondo

Kalo mau ke Coban Rondo, bisa dateng antara pukul 07.00 sampe 17.00 setiap hari. Kalo liburan, tempat ini tetap buka, malah rame banget. Kalo mau nikmatin pengalaman terbaik di Coban Rondo, dateng aja sebelum pukul 10.00 pagi atau mulai jam 14.00 sore. Jadi, gak terlalu panas waktu perjalanan. 

Jangan dateng waktu musim hujan, karena biasanya jalanannya licin sama kabut. Dateng aja waktu musim pancaroba, saat suhu gak terlalu panas sama hujan jarang terjadi.

Penginapan Coban Rondo

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Banyak wisatawan yang ke Coban Rondo mau nginap di seputar Songgoriti atau mau berkemah di camping ground yang ada di sana. Kalo mau nginap dengan nyaman sama keluarga besar, lebih baik nginap di hotel atau villa aja. Berikut ini daftar penginapan di deket Coban Rondo:

Nama Penginapan Alamat & Nomor Telepon Tarif per Malam
Hotel Panorama Coban Rondo Jl. Coban Rondo No. 1 Pujon, Malang, Indonesia, 65391. Telp: (0341) 7000451 Rp 176 ribuan – Rp 470 ribuan
Villa Iriana Jl. Jambu Air No. 3, Songgoriti, Malang. Telp Rp 145 ribuan – Rp 300 ribuan
Villa Nirwana Jl. Arumdalu No. 3A, Songgoriti, Songgokerto, Malang, Indonesia, 65312. Telp: 089522116337 Rp 120 ribuan
Sonny Villa Jl. Durian No. 19, Songgoriti, Kota Batu, Malang, Indonesia, 65312 Rp 180 ribuan – Rp 450 ribuan
Homestay Putra Mandala Jl. Jeruk No. 23, RT 01/RW 02, Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo, Malang, Indonesia.
Villa KWB 2 Jl. Songgoriti Gang Apel, Malang, Indonesia. Telp: 081333775566 Rp 1,77 jutaan
Jambuluwuk Batu Resort Jl. Trunojoyo No. 99, Songgokerto, Malang, Indonesia, 65312. Telp: (0341) 512999 Rp 1,75 jutaan – Rp 5,5 jutaan
Hotel Arumdalu Jl. Arumdalu No. 4, Songgoriti, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65312. Telp: (0341) 591266 Rp 70 ribuan – Rp 280 ribuan
Hotel Kartika Raya Jl. Songgoriti No. 17, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65312. Telp: (0341) 593020 Rp 175 ribuan – Rp 275 ribuan
Toetie Boutique Villa's & Resort Jl. MawNo. 17, Songgokerto, Malang, Indonesia, 65312. Telp: (0341) 591963 Rp 445 ribuan – Rp 560 ribuan

Diatas merupakan referensi hotel atau penginapan sekitaran coban rondo Malang yang bisa anda coba bersama keluarga atau kerabat. Mungkin harga bisa berubah sewaktu waktu, cukup hubungi no telp yang tertera diatas agar mendapatkan update harga terbaru. semoga liburan kalian di coban rondo malang menyenangkan ya! Demikian info mengenai wisata di Coban Rondo oleh BBI.

Related Post