Situ Patenggang Situ yang mencolok mata loh! kok bisa? info lengkap..

Situ Patenggang – Bandung memang sebuah kota yang sangat bagus dan tak akan terlupakan. Seluas mata memandang, mata akan diliputi keramahan kota Bandung. Pesona pegunungan, hutan wisata serta area jalan – jalan yang bagus akan menghias dan tentu membikin Anda sangat suka dengan kota wisata yang satu ini.

Situ Patenggang Situ yang mencolok mata loh

Objek Wisata Alam Situ Patenggang Informasi Umum

  • Alamat: Jl. Situ Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973
  • Peta Lokasi: Google Maps
  • Harga Tiket:  Rp25.000
  • Jam Operasional: Senin – Jumat: 09.00 – 15.00 WIB, Sabtu – Minggu: 07.00 – 16.00 WIB
  • Nomor Telp: 082180028888 – 081111122145

Bandung punya banyak sekali tempat wisata. Karena itu ke Jawa Barat tak mampir di Bandung rasanya kurang lengkap. Salah satu tempat wisata di Bandung yang disarankan untuk Anda kunjungi ialah Danau situ Patenggang. Danau ini merupakan sebuah waduk eksotis yang berada di daerah Ciwidey Bandung.

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda berlibur ke situ yang melegenda dan mempunyai keindahan yang membahana. Yuk simak ulasannya berikut ini:

Legenda Situ Patenggang

Sebelum kita simak lebih jauh mengenai objek wisata habitat di Bandung ini, ada baiknya juga kalau kita mengetahui asal mula serta legenda waduk nan ayu ini. Asal usul nama waduk ini adalah karena kisah cinta raden Santang dengan dewi rengganis yang terpisahkan sekian lama. 

Patenggang berasal dari kata pateang-teang ( saling mencari). Setelah sekian lama saling mencari, mereka pun akhirnya berjumpa di tempat yang sekarang dinamai batu cinta. Kemudian Sang Dewi pun meminta atau pujaan hatinya membikin sebuah waduk dan dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah situ ini.

Danau yang dalam bahasa Sunda dikenal dengan nama Situ Patenggang ini merupakan gabungan dua kata adalah Situ yang artinya waduk dan patenggang yang artinya saling mencari. 

Salah Satu Sudut Indah Situ Lokasi Situ Patenggang

Danau ini lokasinya berada di Ciwidey kurang lebih sekeliling 47 km dari kota Bandung ke arah selatan yang ditempuh dengan lama perjalanan sekeliling 2 jam. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi ke Danau nan ayu ini, Anda dapat memilih jalur jalan Kopo lampau Soreang ke arah Ciwidey dan Situ Patenggang.

Lokasi waduk ini juga berdekatan dengan kebun teh ciwalini. Posisi situ ini sendiri terletak kurang lebih 5 KM setelah kawah putih. Sangat mudah sekali untuk menuju waduk alami nan ayu ini.

Rute Danau Situ Patenggang

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka Anda dapat gunakan bus dari terminal Leuwi Panjang (Bandung) menuju terminal Ciwidey dengan tarif sekeliling 6 ribu rupiah. Kemudian Anda dapat lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota yang langsung menuju pintu masuk Situ.

Situ Patenggang tiba saat ini tetap menjadi salah satu tempat liburan idaman bagi wisatawan yang datang ke Bandung. Karena itu Anda juga wajib banget datang kesini sobat traveler! Di Danau Situ Patenggang ini nantinya Anda dapat menikmati indahnya waduk seluas 45.000 hektar. Total luas cagar habitat mencapai 123.077,15 hektar juga akan Anda temukan di waduk ini.

Danau Situ Patenggang juga sangat dikenal dengan batu cinta dan pulau asmaranya. Oh iya, kalau Anda berwisata menuju Danau Situ Patenggang, ada baiknya Anda berwisata kemari di waktu pagi hari karena udaranya tetap sangat sejuk. Jadi menikmati seluruh kawasan wisata akan lebih seru tentunya sobat traveller!

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Silahkan datang saja ke objek wisata pada pukul 09.00 tiba pukul 15.00 WIB. Anda dapat datang hari apa saja ke objek wisata ini. Untuk dapat masuk ke dalamnya, anda harus membayar tiket masuk weekdays atau juga weekend ialah sebesar 25 ribu rupiah.

Fasilitas

Untuk membikin nyaman para pengunjung yang datang kemari, pengelola lanjut melengkapi berbagai fasilitas pendukung liburan. Bahkan mengenai urusan kebersihan, seluruh perspektif area bebas dari polusi udara dan sampah apalagi limbah kimia.

Fasilitas lain yang juga diperhatikan ialah perbaikan sarana transportasi dan juga sarana publik lainnya mulai dari area penginapan, sarana ibadah, rumah makan, tempat penjualan oleh-oleh hingga lahan parkir kendaraan, tak ketinggalan juga ada fasilitas gazebo/shelter dan instrumen transportasi air untuk bermain-main.

Aktivitas Seru di Situ Patenggang

Wisatawan ketika datang ke Danau ini dapat melakukan banyak hal. Di Danau Situ Patenggang ini Anda dapat melakukan banyak hal mulai dari memancing, naik perahu, bebek air atau juga naik sepeda air keliling danau. Kalau memang mau bermalam, Anda juga dapat berkemah di pinggiran waduk saja.

Related Post